Jogging Sehat dalam Udara Sejuk Bendungan Wonorejo, Tulungagung - Reezumiku

Thursday, January 14, 2016

Jogging Sehat dalam Udara Sejuk Bendungan Wonorejo, Tulungagung

Terdapat sebuah bendungan besar di Tulungagung yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo. Letaknya sekitar 12 km dari pusat kota. Dari perempatan cuiri di kecamatan Kauman, kita hanya perlu mengikuti arah ke barat. Ikuti jalan besar hingga masuk kecamatan Pagerwojo. Dari situ, tidak lama kemudian kita akan menemukan pertigaan di desa Wonorejo. Pilih arah ke kiri dan akan ada jalan masuk Waduk Wonorejo.


Dulunya tempat ini digunakan sebagai pemberhentian untuk membayar biaya masuk ke area waduk. Namun sekarang lokasinya dipindah ke bagian yang lebih dekat dengan bendungan. Biaya masuk kurang lebih Rp. 7000-Rp.15.000. Harga naik biasanya di hari minggu atau libur nasional. Bila ingin menghindari tarif masuk, pengunjung bisa datang dipagi hari kurang dari pukul 06.00 WIB. 


Menurut Wikipedia, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Bendungan Wonorejo diresmikan oleh presiden waktu itu, Megawati Soekarnoputri pada Juni 2001. Masa pembangunan lebih dari 9 tahun sejak tahun 1992 menghabiskan banyak dana.

Menurut sejarah Tulungagung, dulunya kabupaten yang pernah bernama Bonorowo ini adalah tempat yang sering dilanda banjir. Genangan air sudah sering terjadi di daerah ini. Untuk itulah, selain sebagai pusat tenaga listrik dan sumber air minum di Provinsi Jawa Timur, bendungan Wonorejo dibangun untuk mengendalikan  banjir di wilayah Tulungagung. 







Saat ini, Waduk Wonorejo ramai sebagai pusat pariwisata di Tulungagung.  Pengelola wisata juga menjamur. Salah satu yang terkenal adalah Swaloh hotel and resort. Sarana umum bagi wisatawan juga semakin bagus dan nyaman seperti penginapan, restoran, jogging track, dan lainnya.  

Hal paling seru dilakukan di area waduk Wonorejo adalah jalan-jalan pagi. Pada hari minggu, pengunjung waduk selalu padat. Banyak pemuda-pemudi, pasangan suami istri, maupun keluarga yang menikmati jogging di tempat yang asri dan sejuk ini. Bersepeda juga menjadi pilihan beberapa orang. Pengunjung lokal lebih menikmati memancing ikan di beberapa titik yang memang sudah biasa dijadikan tempat memancing. 
Waduk Wonorejo: Memancing
Waduk Wonorejo:Ajak keluarga jalan-jalan santai
Waduk Wonorejo: Bersepeda sehat
Waduk Wonorejo: Jogging seru bareng teman-teman
Waduk Wonorejo: Jogging sama guk guk
Pada hari-hari tertentu seperti malam tahun baru, hari ulangtahun kabupaten Tulungagung, dan hari spesial lainnya, tempat ini juga dipilih sebagai lokasi pertunjukan kesenian maupun hiburan. Dinas pariwisata, seni dan kebudayaan kabupaten Tulungagung juga semakin gencar mempromosikan tempat wisata ini.

Tulungagung, 13 Januari 2015

1 comment:

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools