Warna-Warni Pecah Bunga Kebun Krisan di Kecamatan Sendang, Tulungagung - Reezumiku

Friday, January 1, 2016

Warna-Warni Pecah Bunga Kebun Krisan di Kecamatan Sendang, Tulungagung




Tidak mau melewatkan pemandangan indah mekarnya bunga-bunga di desa geger, kecamatan Sendang, saya kembali lagi ke tempat ini hari jumat (25/12/15) lalu. Sebenarnya saya datang terlalu awal. Belum semua bunga mekar sempurna. Tapi yakin deh, kalian pasti suka. 

Biasanya pengunjung akan dikenakan biaya 2500 ketika bunga sedang mekar seperti ini. Berbeda dengan beberapa waktu lalu saat saya berkunjung, siapapun bebas masuk dengan gratis. Pengunjung sangat suka mengabadikan foto di kebun bunga ini atau berkeliling mengamati bunga dan tumbuhan lainnya. Sebagai oleh-oleh, bunga di dalam pot juga dijual mulai dari harga 10.000 untuk bunga krisan yang menguncup. 

Bunga krisan biasanya dijadikan tanaman hias oleh masyarakat karena variasi jenis dan warnanya yang beragam. Namun berbeda dengan krisan jenis ini. Batang tubuhnya lebih tinggi dan kuat. Bunganya juga lebih besar dan beragam. Krisan jenis ini adalah bunga potong yang biasanya diletakkan dalam vas bunga. Bunga ini mampu bertahan lebih dari sepuluh hari setelah dipotong dan masih tetap segar.



Menurut salah satu pemilik kelompok tani bunga Sekar Wilis, benih bunga-bunga ini masih di dapat dari kota Malang. Untuk wilayah Tulungagung sendiri baru tempat ini yang membudidayakan bunga krisan. Beliau berkata bahwa penanaman dilakukan bergantian. Artinya tidak semua tempat melakukan penanaman di waktu yang sama.

Ya, kebun bunga ini memang tidak hanya terletak di satu tempat. Ada beberapa tempat yang menjadi anggota kelompok tani Sekar Wilis yang membudidayakan bunga ini. Tempatnya masih berdekatan dan tetap dalam satu wilayah desa Geger. Pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk melihat bunga warna-warni ini mekar karena mereka mekar bergantian.



Petani di sini juga merawat bunga dengan agar tidak terserang hama. Biasanya mereka membersihkan daun-daun yang sudah tua secara rutin. Selain itu, dalam satu batang bunga, petani akan memotong cabang bunga dan hanya membiarkan kurang dari tiga bunga. Hal ini bertujuan agar bunga yang tubuh lebih maksimal dan mekar dengan ukuran yang lebih besar.

Oh iya, kebun bunga ini juga masih dalam satu wilayah dengan CANDI PENAMPIHAN. Tak bisa melewatkan tempat yang satu ini bila berkunjung ke Sendang. Saya pun singgah ke sana dan merasakan segarnya air sumber yang bisa langsung di minum. Sumpah, seger banget

Yang masih penasaran dengan indahnya kebun bunga krisan di kecamatan Sendang dan ingin tahu petunjuk jalan menuju ke sana bisa membaca tulisan saya sebelumnya DI SINI.

3 comments:

  1. bagus sekali bunganya mb, untuk biaya masuk juga murah dan terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus dan murah juga bisa kesana kapanpun. Soalnya masa tanamnya bergantian.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools