Keindahan Terumbu Karang dan Organisme Bawah Laut Pantai Sawah Ombo, Tanggunggunung, Tulungagung - Reezumiku

Saturday, August 5, 2017

Keindahan Terumbu Karang dan Organisme Bawah Laut Pantai Sawah Ombo, Tanggunggunung, Tulungagung

Pantai Sawah Ombo

Jalan menuju Pantai Sawah Ombo

Pantai Sawah Ombo atau Pantai Sawahan Ombo berada di Dk.Brumbun, Ds.Ngrejo, Kec. Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai yang memiliki ombak sedang ini cukup sulit dijangkau karena memiliki akses jalan yang sangat sulit. Saya sarankan untuk menggunakan sepeda motor karena jalanannya yang curam dan sempit serta tidak beraspal.

Meski menggunakan sepeda motor, saya masih kesulitan melewati jalur-jalur yang licin dan tidak rata. Banyak material batu dan pasir di beberapa bagian jalan. Selain itu, karena melewati perkebunan warga, jalannya juga cukup berbahaya jika tidak hati-hati. Turunan dan tanjakkannya juga cukup curam.


Turunan dan tikungan tajam ke Pantai Sawah Ombo

Petunjuk jalan:

Pertama, jika ingin ke Pantai Sawah Ombo, carilah informasi sebanyak-banyaknya agar tidak kesasar karena arah ke pantai ini bukanlah jalan utama. Saya sendiri mengambil jalur dari Besuki (arah ke  Pantai Popoh) lalu memotong jalan melewati perkebunan warga hingga sampai di jalanan beraspal (mengikuti petunjuk dari google map). Sebenarnya ada jalan yang lebih mudah yaitu lewat Campurdarat. Saya menggunakannya di perjalanan pulang.

Setelah itu, ikuti saja jalan beraspal menuju Pantai Brumbun. Pantai Brumbun ini menjadi lokasi parkir sepeda motor nantinya. Oh ya, kalau sudah memasuki daerah dengan turunan tajam dan jalan bergelombang, tingkatkan kehati-hatian kamu. Di sebuah persimpangan, ambillah jalur sebelah kanan, karena jalur sebelah kiri akan mengarah ke Pantai Gerangan.

Mampir ke Pantai Brumbun

Ketika masuk pantai Brumbun, banyak pemukiman penduduk yang menyediakan tempat parkir. Warung dengan aneka makanan, minuman, dan cemilan juga dapat kita beli sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat sebuah masjid yang bersih sehingga para muslimah tidak perlu khawatir untuk menunaikan ibadah di sana. Meski begitu, tempat wudhu dan toilet yang ada tidak begitu terawat.

~Baca Juga: Informasi Lengkap Pantai Tulungagung: Lokasi, Akses, Fasilitas, Harga - Jawa Timur~

Untuk menuju Pantai Sawah Ombo, dari Pantai Brumbun kamu harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 500 meter. Ada petunjuk jalannya kok, jadi nggak usah khawatir nyasar. Kalau perlu, kamu bisa bertanya pada warga sekitar. Waktu itu saya dan teman-teman bahkan diantar oleh seorang anak kecil yang biasanya membantu pengunjung menemukan jalan ke pantai, semacam guide gitulah. Hehe... Biasanya pengunjung memberi tip seikhlasnya pada anak tersebut.

Jalan kaki ke Pantai Sawah Ombo

Karang-karang Pantai Sawah Ombo bermunculan saat air surut

Pantai Sawahan Ombo

Beruntungnya saya yang sampai di siang hari. Air laut ketika itu hampir mencapai bibir pantai namun tidak sampai menenggelamkan pasir. Bahkan saya masih bisa menceburkan diri di sana. Semakin sore, air laut semakin surut. Terumbu karang dan beraneka tumbuhan laut menampakkan diri mereka. Saya dapat melihatnya dengan mata telanjang setiap organisme yang tadinya tersembunyi dibawah air asin. Selain itu, berbagai jenis ikan juga terperangkap di dalamnya. Saya bahkan berhasil menangkap kepiting, serta berusaha menagkap belut (mungkin belut Moray dilihat dari bentuknya-mungkin loh ya), namun gagal.








Tonton Juga Video Perjalanan Saya di Sini: 


*

3 comments:

  1. Wah banyak pantai juga yah, salah satunya pantai sawah ombo ini. Terumbu karangnya bisa diambil dong ya?? Itu ngikutin google map gak disasarin, hahaha... Kan yang udah-udah malah pada nyasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan. kalau kesasar sih enggak. Cuman rutenya lebih sulit apalagi yang ini malah diarahin ke perkebunan yang sebenarnya bukan jalur kendaraan. heheeee

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools