Pesona Padang Pasir Pantai Dlodo, Tulungagung - Reezumiku

Thursday, August 3, 2017

Pesona Padang Pasir Pantai Dlodo, Tulungagung

Pantai yang terletak di desa Dlodo, kecamatan Pucanglaban, Tulungagung ini telah menggeser posisi Pantai Coro yang mulanya saya anggap sebagai pantai paling keren di Tulungagung. Keindahan Pantai Dlodo membuat lupa waktu karena tersihir oleh keindahan hamparan pasir luas yang dapat dijelajahi seharian.

Pantai Dlodo mulai ramai dikunjungi sejak awal tahun 2017 lalu. Letaknya cukup jauh ke sisi selatan dan harus melalui jalannan yang sulit karena menanjak dengan aspal yang rusak. Lebar jalan juga semakin sempit, namun kendaraan roda dua maupun mobil masih dapat melewatinya.

Apa yang membuat Pantai Dlodo ini spesial:


Kebun kelapa



Bukan hal asing jika ada pohon kelapa di pesisir pantai. Namun, Pantai Dlodo memiliki pohon-pohon kelapa yang menjulang cukup tinggi. Kita sudah dapat menjumpai pepohonan tersebut saat memasuki pemukiman penduduk. Kebun kelapa juga menjadi pertanda kalau laut semakin dekat. Dari sana, kita bisa mendengar suara ombak yang mulai berdebam.

Warga sekitar memafaatkan lahan ini untuk menggembala ternak. Sapi-sapi besar diikat di pohon kelapa yang memiliki banyak rumput di sekelilingnya. Sementara itu, anak sapi dibiarkan berkeliaran bebas. Mereka bahkan tidak asing dengan deru kendaraan pengunjung yang melintas.


Gundukan pasir dua warna




Ini nih yang istimewa sekaligus hal yang memesona setiap pengunjung Pantai Dlodo. Kedua warna pasir tersebut tidak menyatu begitu saja. Pasir hitam menggunung tersendiri di beberapa bagian pantai, begitu pula pasir dengan warna kecoklatan. 

Apalagi pasir-pasir disini terkumpul menjadi gundukan-gundukan alami yang dibuat akibat hembusan angin yang kencang dari arah pantai. Mereka tampak seperti gurun saat dipotret dengan sudut kamera yang tepat. Selain itu, sejauh mata memandang hanya ada keindahan sebuah pantai yang masih asri. Banyak kepiting membuat lubang di pasir sebagai rumah. Kita bisa melihat kepiting-kepiting kecil tersebut merangkak dengan cepat.


Aliran air di hilir





Pertemuan antara air tawar dan air asin ini sangat romantis jika diibaratkan sebuah cerita fiksi. Airnya sangat jernih, memperlihatkan lukisan pasir di dasarnya. Cekungan sungai yang meliuk hingga bibir pantai memberikan pesona tersendiri. Arusnya mengalir tenang hingga ikan-ikan bebas berenang di dalamnya. 




Ombak besar




Hampir sepanjang hari, ombak di pantai Dlodo tergolong besar. Makanya, ada petugas pantai yang melarang pengunjung untuk mendekati air. Deburannya bahkan memercikkan bulir-bulir air yang terbang hingga setinggi 10 meter lebih.

Namun, ombak besar ini sangat mengagumkan dilihat dari atas pasir tertinggi yang ada tulisan "Pantai Dlodo". Gulungannya menggelegar bergantian seperti sebuah tarian. Air laut yang biru semakin memperindah suasananya.



Itulah beberapa hal yang membuat Pantai Dlodo menjadi peringkat pertama pantai paling keren di Tulungagung-versi selera saya. Sayangnya, apa yang ditangkap lensa kamera tidak seindah aslinya.  Kamu akan lebih dibuat takjub jika melihat dan merasakan sendiri suasananya secara langsung. Apalagi kalau kamu bisa menghabiskan malam dengan mendirikan tenda di sini. Yap. Pantai Dlodo termasuk area camping favorit. Jangan lupa untuk izin petugas yang bersangkutan saat berkemah di sini ya. Selamat liburan!

*Info terbaru 2018: Jalan sudah banyak yang diperbaiki dan petunjuk jalan tersedia sehingga memudahkan pengunjung menuju lokasi Pantai Dlodo Tulungagung*


INFORMASI:
Alamat ® Desa Dlodo, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284
Akses  ® Sepeda Motor, Mobil bisa tapi sulit
Harga Tiket Masuk  ® Gratis
Harga Parkir Kendaraan  ® 5000
Fasilitas  ® Warung makan, bilik ganti, NO mushola namun dekat rumah warga kalau mau numpang sholat



*


9 comments:

  1. aspalnya gmn ? mobil ceper bisa masuk ngk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalannya nggak rata, mendekati pantai sudah nggak beraspal, jadi lebih baik nggak usah pake mobil ceper. :-)

      Delete
  2. Replies
    1. motor biasa : bebek atau matic bisa kok. Aku ke sana juga pakai matic.

      Delete
    2. motor biasa : bebek atau matic bisa kok. Aku ke sana juga pakai matic.

      Delete
    3. motor biasa : bebek atau matic bisa kok. Aku ke sana juga pakai matic.

      Delete
  3. Mobil bisa masuk sampai lokasi ga min? Atau justru malah bahaya kalo pake mobil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya mobil bisa masuk karena waktu saya ke sana sudah ada sekitar tiga mobil di tempat parkir. Namun jalannya memang cukup menantang bagi mobil. Selain butuh keahlian, ya memang agak sayang sih kalau ke sana bawa mobil. Tapi tidak berbahaya kok alias tidak melewati tebing atau jurang. Hanya jalan bergelombang dan tanah lika liku.

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Local Business Directory, Search Engine Submission SEO Tools